Pendekatan DIVIDE and CONQUER
Pendekatan DEVIDE and CONQUER merupakan metode pendekatan dalam indentifikasi masalah, dimana identifikasi masalah langsung pada Layer yang bermasalah, seringkali metode ini digunakan oleh mereka yang telah Ahli, berdasarkan pengalaman dalam penanganan sebelumnya.
Contoh :
- Sistem Operasi berjalan lambat, solusi dengan menambah memori
- Aplikasi berjalan lambat, solusi dengan mengurangi Starup aplikasi yang tidak digunakan dan penambahan memori
Pendekatan BOTTOM-UP
Pendekatan BOTTOM-UP merupakan metode pendekatan dalam indentifikasi masalah, dimana dilakukan dengan mencari permasalahan dari Layer Fisik hingga Layer Aplikasi, metode ini cocok untuk permasalahan komputer yang berkaitan dengan hardware.
Contoh :
- Komputer tidak menyala saat tombol power ditekan
- Printer tidak menyala saat tombol power ditekan
- Hard Disk tidak menampilkan Booting saat Komputer dinyalakan
Problem Solving (Penyelesaian Masalah)
Penyelesaian Masalah (Problem Solving)merupakan langkah dalam menangani masalah yang telah ditemukan.
Berikut langkah yang ditempuh, antara lain :
- Langkah TRIAL and ERROR
- Langkah SUBSTITUSI
Trial and Error
Trial and Error merupakan metode penyelesaian masalah setelah masalah ditemukan, dengan mencoba-coba dengan berdasarkan pengalaman, sangat bergantung pada pengalaman. Langkah ini kurang cocok untuk perangkat-perangkat vital yang belum dikuasai betul penyelesaianya.
Contoh :
- VGA onboard tidak berfungsi, solusinya dengan mencoba mengganti power supply
- Kabel power ke Hard Disk tidak berfungsi, solusi dengan mencoba dengan memasang kabel power lainya.
Substitusi
Substitusi merupakan metode penyelesaian masalah setelah masalah ditemukan, dengan mengganti dengan perangkat baru, atau mengambil dari komponen perangkat yang sama untuk digunakan pada perangkat yang rusak.
Contoh :
- Baterai CMOS pada Motherboard tipe A rusak, maka dapat diambil dari Motherboard tipe A lain yang rusak namun bukan pada Baterai CMOS
- Pada perusahaan besar selalu menyediakan Server Pengganti / Back-Up saat Server utama terjadi downtime / trouble maka Server Pengganti akan mengambil alih.
Dokumentasi
Dokumentasi merupakan penulisan tulisan atau gambar yang menerangkan langkah proses penanganan terhadap suatu kegiatan. Dapat berisi penjelasan-penjelasan, gamabr, bagan alir, dan contoh-contoh objek.
Adapun tujuan Dokumentasi, antara lain :
- Mempelajari cara pengoperasian sistem
- Sebagai bahan alih pengetahuan dan training
- Pengembangan sistem lebih lanjut
- Materi acuan dan Back-Up
- Menghilangkan ketergantungan yang kritis
-------------------
Demikian penjelasan kali ini. Di dalam hidup kita senantiasa dihadapkan dengan masalah/ujian. Jika dicermati, setiap masalah/ujian yang kita tempuh dan lewati membuat kita semakin baik. Sebagai contoh, jika kita menghadapi error pada komputer yang belum pernah kita temui sebelumnya, ketika kita berhasil menyelesaikan error tersebut, kita menambah ilmu karena tau cara penyelesaian masalahnya jika suatu saat menghadapi permasalahan serupa. Untuk itu, bersyukurlah jika kita mendapatkan masalah/ujian dalam hidup kita, karena kita memiliki peluang untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar