Jumat, 09 Agustus 2019

Tugas 1











Contoh soal hukum Coulomb



1. Dua muatan disusun seperti pada gambar di bawah ini. Muatan di A adalah +8 mikro Coulomb dan muatan di B adalah -5 mikro Coulomb. Besar gaya listrik yang bekerja pada kedua muatan adalah… (k = 9 x 109 Nm2C−2, 1 mikro Coulomb = 10−6 C)
Contoh soal hukum Coulomb - 1Pembahasan
Diketahui :
Contoh soal hukum Coulomb - 2Ditanya : Besar gaya listrik yang bekerja pada kedua muatan
Jawab :
Rumus hukum Coulomb :
Contoh soal hukum Coulomb - 3a
Besar gaya listrik yang bekerja pada kedua muatan :
Contoh soal hukum Coulomb - 11
2. Muatan listrik P = +10 mikro Coulomb dan muatan listrik Q = +20 mikro Coulomb terpisah seperti pada gambar. Besar gaya Coulomb yang bekerja pada kedua muatan adalah…
Contoh soal hukum Coulomb - 4
Pembahasan
Diketahui :
Contoh soal hukum Coulomb - 5Ditanya : Besar gaya Coulomb yang bekerja pada kedua muatan
Jawab :
Contoh soal hukum Coulomb - 6Besar gaya Coulomb atau gaya listrik yang bekerja pada kedua muatan adalah 125 Newton.
3. Tiga muatan listrik diletakkan terpisah seperti gambar! Muatan A = -5 mikro Coulomb, muatan B = +10 mikro Coulomb dan muatan C = -12 mikro Coulomb. Besar dan arah gaya listrik pada muatan B adalah…
Contoh soal hukum Coulomb - 7Pembahasan
Diketahui :
Contoh soal hukum Coulomb - 8Ditanya : Besar dan arah gaya listrik pada muatan B
Jawab :
Gaya listrik pada muatan B adalah resultan gaya listrik antara muatan A dan B dengan gaya listrik antara muatan B dan C.
Gaya listrik antara muatan A dan B :
Contoh soal hukum Coulomb - 9Muatan A negatif dan muatan B positif sehingga arah gaya Coulomb adalah mendekati muatan A dan menjauhi muatan B (ke kiri).
Gaya listrik antara muatan B dan C :
Contoh soal hukum Coulomb - 10Muatan B positif dan muatan C negatif sehingga arah gaya Coulomb adalah mendekati muatan C dan menjauhi muatan B (ke kanan).
Resultan gaya listrik pada muatan B :
Arah FAB ke kiri dan arah FBC ke kanan.
FB = FAB – FBC = 675 N – 125 N = 550 Newton.
Arah resultan gaya listrik pada muatan B (FB) = arah gaya listrik FAB, yakni menuju muatan C (ke kanan).
4. Muatan listrik +Q1 = 10 mikro Coulomb, +Q= 50 mikro Coulomb dan Q3 terpisah seperti pada gambar. Agar gaya listrik yang bekerja di muatan Q2 = nol maka muatan Q3 adalah…
Contoh soal hukum Coulomb - 11Pembahasan
Diketahui :
Muatan 1 (q1) =  +10 μC = +10 x 10-6Coulomb
Muatan 2 (q2) =  +50 μC = +50 x 10-6Coulomb
Jarak antara muatan 1 dan 2 (r12) = 2 cm = 0,02 m = 2 x 10-2 m
Jarak antara muatan 2 dan 3 (r23) = 6 cm = 0,06 m = 6 x 10-2 m
Resultan gaya listrik pada muatan 2 (F2) = 0
Ditanya : muatan 3 (q3)
Jawab :
Gaya listrik pada muatan 2 adalah resultan gaya listrik antara muatan 1 dan 2 dengan gaya listrik antara muatan 2 dan 3.
Gaya listrik antara muatan 1 dan 2 :

Contoh soal hukum Coulomb - 12Muatan 1 positif dan muatan 2 positif sehingga arah F12 adalah menuju muatan 3 (ke kanan).
Gaya listrik antara muatan 2 dan 3 :
Contoh soal hukum Coulomb - 13Muatan 2 positif dan muatan 3 positif sehingga arah F23 adalah menuju muatan 1 (ke kiri).
Resultan gaya listrik pada muatan 2 = 0 :
Arah F12 ke kanan dan arah F23 ke kiri.
Contoh soal hukum Coulomb - 14
(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 16)
Materi Pembahasan Soal :
  1. Contoh soal muatan listrik
  2. Contoh soal hukum Coulomb
  3. Contoh soal medan listrik
  4. Contoh soal fluks listrik
  5. Contoh soal energi potensial listrik
  6. Contoh soal potensial listrik
  7. Contoh soal kapasitor keping sejajar
  8. Contoh soal kapasitor rangkaian paralel
  9. Contoh soal kapasitor rangkaian seri
  10. Contoh soal kapasitor rangkaian seri dan paralel
Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung



1. Pengertian Konduktor dan Contoh Konduktor

Langsung saja didalam Pengertian Konduktor ini adalah suatu zat atau bahan yang dpt menghantarkan arus listrik, baik itu zat padat, cair, ataupun gas karena sifat dari zat atau benda tersebut yang konduktif, maka disebut dengan Konduktor dan Ciri – Ciri Konduktor yang baik itu sendiri memiliki tahanan jenis yang kecil dan salah satu Penghantar atau Contoh Konduktor yg sangat baik adalah emas, akan tetapi karena harganya yang begitu mahal, maka penghantar yg umumnya digunakan adalah tambaga dan aluminium untuk menghemat biaya.
Lalu Ketahanan Konduktor yang diberikan tergantung dari bahan atau matrial yang digunakan terbuat dari apa serta berapa ukurannya karena untuk bahan tertentu, resistansi akan berbanding terbalik dgn luas penampangnya. Contohnya bisa kalian lihat didalam kawat tembaga yg tebal memiliki resistansi lebih rendah dari pada kawat tembaga yang tipis, dan juga untuk resisten sebanding dgn panjang. Contohnya kawat tembaga yg lebih panjang ketahanannya lebih tinggi dari pada kawat tembaha yang pendek.
Contoh Konduktor Bersifat Logam antara lain : Emas, Tembaga, Perak, Aluminium, Zink, Besi, dll.


Flashdisk atau USB flash drive adalah salah satu media penyimpanan data portabel yang dapat dihubungkan melalui port USB suatu komputer atau laptop. Sebagai komponen penyimpanan, pada awalnya keberadaan Flashdisk tidak terlalu vital seperti saat ini, bahkan ukuran Flashdisk pada awalnya tidak kurang dari ½ GB atau 512 MB saja. Ukuran seperti itu bahkan lebih kecil dari ukuran CD atau DVD – ROM saat ini (700 MB).
pengertian fladhsik
Namun seiring berjalannya waktu keberadaan Flashdisk saat ini menjadi hal yang wajib, bahkan ketika ada orang yang tidak memiliki laptop atau komputer namun ia memiliki Flashdisk dengan tujuan untuk menunjang aktifitas seperti bekerja, sekolah dan lain – lain. Sampai saat ini tersedia Flashdisk dengan ukuran mulai dari 8 GB sampai dengan yang paling besar 32 GB.
Dulunya mungkin anda masih mengenal memori penyimpanan berupa Disket ataupun CD – ROM, namun saat ini sudah tidak terlalu eksis, bahkan keberadaan Disket sudah mulai susah ditemui. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merk Flashdisk dan dianggap lebih efektif serta efisien jika dibandingkan dengan Disket ataupun keping CD.
Dengan ukurannya yang kecil dan simpel, wajar saja orang – orang lebih senang menggunakannya. Selain itu Flashdisk ini juga tergolong komponen hardware yang bersifat non volatile, artinya data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun Flashdisk dicabut atau tidak dialiri listrik. Pada beberapa momory internal komputer terkadang data yang tersimpan akan hilang ketika komputer dimatikan. Selain itu penggunaan Flashdisk juga sangat efektif dan efisien karena data yang tersimpan bisa dirubah setiap saat.

Fungsi Flashdisk

Fungsi flashdisk
Dengan flashdisk, menyimpan data jauh lebih simpel dan portable
Flashdisk atau biasa disebut USB flash drive memang dibuat dengan tujuan khusus sebagai media penyimpanan file. Namun ada hal lain lagi yang dapat anda temukan dari hardware yang satu ini, yakni menjadi ketersediaan ruang untuk segala macam ekstensi file serta memungkinkan dilakukan perubahan pada suatu dokumen setiap saat. Hal inilah yang menjadi faktor utama penggunaannya yang kian berkembang pesat sehingga menggeser posisi dari Disket ataupun keping CD.
Anda juga bisa memainkan berbagai macam file audio dan video dalam PC atau laptop anda. Dan fungsi yang paling berpengaruh adalah ukurannya yang mungil serta mudah dibawa kemanapun. Sangat cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja atau bahkan masyarakat umum sekalipun.
Keperluan untuk memindahkan berbagai macam file dengan tujuan melakukan backup data juga semakin dipermudah mengingat fungsinya yang kompatibel hampir disegala device. Tidak hanya komputer PC atau laptop, anda juga bisa menggunakan Flashdisk sebagai penyimpanan lagu – lagu atau DVD Player.

Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

kelebihan dan kekurangan flashdisk
Salah satu kelebihan flashdisk adalah dapat digunakan sebagai media instalasi
Dengan segala kelebihan yang ditawarkan serta perkembangannya yang semakin pesat bukan berarti Flashdisk ini tidak memiliki kekurangan. Sebagai media penyimpanan yang simpel dan efisien masih ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum ingin membeli Flashdisk. Secara detail kelebihan dan kekurangan Flashdisk akan kami jelaskan secara detail dibawah ini :

Kelebihan Flashdisk

  1. Satu hal yang menjadi daya tarik utama dari Flashdisk adalah ukurannya yang kecil dan simpel namun dalam hal penyimpanan cukup besar. Semakin besarnya kapasitas dari suatu Flashdisk bukan berarti menandakan perbedaan ukuran fisiknya.
  2. Flashdisk dapat digunakan sebagai media instalasi windows dengan terlebih dahulu harus dijadikan bootable.
  3. Cara penggunaan yang sangatlah mudah, tidak perlu melakukan instalasi serta tidak memakan waktu terlalu lama. Anda hanya perlu menancapkan Flashdisk ke port USB kemudian tunggu hingga muncul di My Computer atau File Explorer. Setelah itu anda dibebaskan mengakses semua file yang ada di dalamnya.
  4. Dengan pemakaian yang benar tentunya akan semakin memperpanjang umur dari Flashdisk anda serta memperkecil kemungkinan dijangkit virus yang berasal dari komputer. Hindari juga pencabutan Flashdisk dari komputer secara paksa karena selain data yang kemungkinan tidak tersimpan juga bisa menimbulkan kerusakan.
  5. Mengingat penggunaannya bagi semua kalangan termasuk anak – anak yang masih bersekolah, menjadikan harga Flashdisk ini sangat terjangkau bahkan untuk merk kelas atas sekalipun. Akan tetapi perlu diingat juga adanya pengawasan dari orang tua terhadap anak – anaknya dalam memanfaatkan segala bentuk teknologi, salah satunya flashdisk ini.

Kekurangan Flashdisk

  1. Dibalik ukurannya yang sangat kecil ternyata anda harus berhati – hati ketika membawa Flashdisk untuk berbagai keperluan karena bentuk yang kecil juga mengindikasikan kemungkinan hilangnya atau terjatuh semakin besar.
  2. Selain mudah hilang dan jatuh ternyata anda juga harus mewaspadai ketika lupa menaruh Flashdisk di celana dan akhirnya tidak sengaja dicuci. Adanya kontak antara peralatan elektronik dengan air juga dapat menyebabkan kerusakan atau konsleting ketika dialiri daya dari komputer. Mengingat banyak merk Flashdisk yang bahkan tidak memiliki tutup untuk melindungi bagian dalamnya.
  3. Karena ukurannya yang masih terbatas orang – orang lebih memilih untuk menggunakan memory eksternal daripada Flashdisk untuk keperluan backup data dalam skala besar.
Semoga pembahasan mengenai pengertian flashdisk kali ini bermanfaat dan mudah dipahami. Dapat disimpulkan bahwa flashdisk ini merupakan media penyimpanan portable yang semakin populer, hal tersebut karena sifatnya yang simpel, removable dan mudah digunakan, bahkan untuk orang awam sekalipun.


Pengertian input yaitu alat yang digunakan untuk menerima masukan data dan program yang akan di proses di dalam komputer. Input menjadi bagian dari sistem komputer karena sistem merupakan kesatuan dari beberapa komponen yang saling berkaitan dan saling terhubung. Sehingga dengan adanya input maka sistem komputer akan berjalan sesuai dengan keinginan. Input berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu unit processor untuk diolah dengan tujuan menghasilkan informasi yang diperlukan. Sebuah perangkat input adalah komponen perangkat keras yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data kedalam komputer atau bisa dikatakan sebagai unit luar memasukkan data dari luar kedalam mikroprosesor.

Pengertian Input Device dalam Aplikasi

Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan di komputer, contohnya yaitu seperti keyboard dan mouse. Kedua perangkat keras tersebut adalah unit yang bisa menghubungkan antara pengguna dengan komputer. Jika dilihat dari pengertian input, maka input device berguna bagi pengguna untuk memasukan data kedalam sistem komputer menggunakan perangkat keras yang langsung terhubung ke komputer. Selain keyboard dan mouse, ada juga Harddisk, Flashdisk, Scanner, Cd dan lainnya yang juga merupakan sebuah bentuk input device. Data yang akan dimasukkan kedalam komputer juga melalui beberapa proses, seperti misalnya data yang ada di flashdisk untuk dimasukkan ke komputer perlu men-scan data agar terhindar dari virus komputer.
Dilihat dari pengertian input device, maka dapat disimpulkan bahwa input device berfungsi sebagai media atau perantara untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah dan bisa menghasilkan informasi yang diperlukan oleh user. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang bisa dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input yaitu berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang telah dimasukkan ke dalam sistem komputer. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data, juga bisa memasukkan program ke dalam komputer.

Setelah mengetahui mengenai fungsi dari input device, maka kini penjelasan tentang apa saja input device yang umumnya kita gunakan. Contohnya yaitu scanner, alat ini berfungsi untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang bisa dimanipulasi. Jika dilihat dari pengertian input, maka scanner menjadi salah satu alat yang memasukkan data berupa gambar kedalam sistem komputer. Nantinya gambar tersebut diproses di dalam sistem komputer dan akan menghasilkan output berupa hasil print out gambar. Selain itu alat berupa harddisk juga merupakan input device yang sering digunakan. Harddisk berguna untuk memasukan data apa saja, baik program ataupun data lain yang bisa diproses dalam sistem komputer

Penyimpanan 
dalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan kerja atau petugas gudang untuk menampung hasil pengadaan barang/bahan kantor, baik berasal dari pembelian, instansi lain, atau yang diperoleh dari bantuan.
Tujuan penyimpanan barang/bahan kantorantara lain:
1. Agar barabg tidak cepat rusak
2. Agar tidak terjadi kehilangan barang 
3. Agar tersususn rapi sehingga mudah ditemukan apabila berang tersebut dicari
4. Memudahkan dalam pengawasan
5. Memudahkan dalam analisis barang
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyimpanan barang/bahan kantor :
1. Persediaan alat-alat pemeliharaan yang diperlukan
2. Pergudangan yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan
3. Sifat barang yang disimpan
4. Sarana penyimpanan dan pemeliharaan 
5. Prosedur dan tata kerja
6. Biaya yang disediakan 
7. Tenaga yang diperlukan
8. Jangka waktu penyimpanan
Cara penyimpanan barang/bahan kantor :
1. Barang yang disimpan berdasarka klasifikasi (jenis, berat, merk, dan satuan barang)
2. Barang yang disimpan dalam keadaan bersih
3. Barang yang disimpan dalam ruangan yang cukup ventilasi
4. Barang yang disimpan di tempat yang memadai 
5. Barang yang disimpan rapi dengan kode yang telah ditentukan agar mudah dicari
6. Barang yang disimpan harus terhindar dari sengatan matahari atau siraman air
7. Barang yang disimpan diruangan yang dapat dikunci 
8. Barang yan disimpan harus sudah dihitung dan dicatat dalam buku persediaan 
9. Barang yang biasanya dikeluarkan lebih cepat sebaiknya diletakan dibagian terdepan,         sebaliknya barang yang dikeluarka lebih lama disimpan lebih dalam. 






Control Unit adalah bagian dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan komputer. Control Unit juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data. Dengan demikian semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya.
Apa yang dimaksud dengan Control Unit ?




















Control Unit - CU (Unit kendali ) adalah salah satu bagian dari Central Processing Unit (CPU) 6 yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) 22 di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas bagian lainnya dari perangkat CPU. Konsep ini dinamakan Arsitektur Komputer Von Neumann yang diciptakan oleh John Von Neumann 1 (1903 - 1957).
Fungsi Control Unit
Seperti yang diketahui tugas dari Control Unit adalah mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Control Unit mengatur kapan alat input menerima data, kapan data itu diolah, dan kapan data itu ditampilkan oleh alat output.
Berikut adalah fungsi-fungsi Control Unit selebihnya :
  1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
  2. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  3. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika serta mengawasi kerja dari ALU.
  5. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
Proses tiga langkah karakteristik unit control :
  1. Menentukan elemen dasar prosesor.
  2. Menjelaskan operasi mikro yang akan dilakukan prosesor.
  3. Menentukan fungsi-fungsi yang harus dilakukan CU agar menyebabkan pembentukan operasi mikro.
Masukan-masukan unit control :
  1. Clock / pewaktu
    Pewaktu adalah cara CU dalam menjaga waktunya. CU menyebabkan sebuah operasi mikro (atau sejumlah operasi mikro yang bersamaan) dibentuk bagi setiap pulsa waktu. Pulsa ini dikenal sebagai waktu siklus prosesor.
  2. Register instruksi
    Opcode instruksi saat itu digunakan untuk menentukan operasi mikro mana yang akan dilakukan selama siklus eksekusi.
  3. Flag
    Flag ini diperlukan oleh control unit untuk menentukan status prosesor dan hasil operasi ALU sebelumnya.
  4. Sinyal control untuk mengontrol bus
Teknik Pengimplementasian Control Unit
  1. Microprogramming Control Unit
    Teknik ini diperkenalkan oleh Maurice Wilkes 6 pada tahun 1951 sebagai cara untuk menjalankan intruksi program komputer. Microprogram CU digunakan untuk menggenerasi signal kontrol dengan cara membaca dan mengeluarkan mikroinstruksi.
  2. Hardwired Control Unit
    Digunakan untuk menggenerasi sinyal kontrol 5 dan biasanya digunakan pada super komputer 4 dan RISC 5.
Perbedaan antara keduanya terletak pada gerbang logikanya dimana Hardiwred Control Unit mampu menggenerasi semua microorder sehingga eksekusinya lebih cepat.



Pengertian ALU ( Arimatic Logical Unit )
  
Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem di dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. ALU bekerja besama-sama memori, di mana hasil dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori.
Perhitungan dalam ALU menggunakan kode biner, yang merepresentasikan instruksi yang akan dieksekusi (opcode) dan data yang diolah (operand). ALU biasanya menggunakan sistem bilangan biner (two’s complement). ALU mendapat data dari register. Kemudian data tersebut diproses dan hasilnya akan disimpan dalam register tersendiri yaitu ALU.

Operasi Pada ALU ( Arimatic Logical Unit )

Operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. ALU melakukan operasi aritmatika yang lainnya seperti pengurangan, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. ALU melakukan operasi aritmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder.

Tugas Dan Fungsi ALU ( Arimatic Logical Unit )

Tugas dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :

a. sama dengan (=)
b. tidak sama dengan (<>)
c. kurang dari (<)
d. kurang atau sama dengan dari (<=)
e. lebih besar dari (>)
f. lebih besar atau sama dengan dari (>=)

Arithmatic Logical Unit (ALU) Juga Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer. ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang masing – masing memiliki spesifikasi dan tugas tersendiri. Fungsi-fungsi yang didefinisikan pada ALU adalah Add (penjumlahan), Addu (penjumlahan tidak bertanda), Sub (pengurangan), Subu (pengurangan tidak bertanda), and, or, xor, sll (shift left logical), srl (shift right logical), sra (shift right arithmetic), dan lain-lain. Arithmetic Logical Unit (ALU) merupakan unit penalaran secara logic.
ALU ini merupakan Sirkuit CPU berkecepatan tinggi yang bertugas menghitung dan membandingkan. Angka-angka dikirim dari memori ke ALU untuk dikalkulasi dan kemudian dikirim kembali ke memori. Jika CPU diasumsikan sebagai otaknya komputer, maka ada suatu alat lain di dalam CPU tersebut yang kenal dengan nama Arithmetic Logical Unit (ALU), ALU inilah yang berfikir untuk menjalankan perintah yang diberikan kepada CPU tersebut.
ALU sendiri merupakan suatu kesatuan alat yang terdiri dari berbagai komponen perangkat elektronika termasuk di dalamnya sekelompok transistor, yang dikenal dengan nama logic gate, dimana logic gate ini berfungsi untuk melaksanakan perintah dasar matematika dan operasi logika. Kumpulan susunan dari logic gate inilah yang dapat melakukan perintah perhitungan matematika yang lebih komplit seperti perintah “add” untuk menambahkan bilangan, atau “devide” atau pembagian dari suatu bilangan. Selain perintah matematika yang lebih komplit, kumpulan dari logic gate ini juga mampu untuk melaksanakan perintah yang berhubungan dengan logika, seperti hasil perbandingan dua buah bilangan.
Instruksi yang dapat dilaksanakan oleh ALU disebut dengan instruction set. Perintah yang ada pada masing-masing CPU belum tentu sama, terutama CPU yang dibuat oleh pembuat yang berbeda, katakanlah misalnya perintah yang dilaksanakan oleh CPU buatan Intel belum tentu sama dengan CPU yang dibuat oleh Sun atau perusahaan pembuat mikroprosesor lainnya. Jika perintah yang dijalankan oleh suatu CPU dengan CPU lainnya adalah sama, maka pada level inilah suatu sistem dikatakan compatible. Sehingga sebuah program atau perangkat lunak atau software yang dibuat berdasarkan perintah yang ada pada Intel tidak akan bisa dijalankan untuk semua jenis prosesor,kecuali untuk prosesor yang compatible dengannya.
Seperti halnya dalam bahasa yang digunakan oleh manusia, instruction set ini juga memiliki aturan bahasa yang bisa saja berbeda satu dengan lainnya. Bandingkanlah beda struktur bahasa Inggris dengan Indonesia, atau dengan bahasa lainnya, begitu juga dengan instruction set yang ada pada mesin, tergantung dimana lingkungan instruction set itu digunakan.
Struktur Dan Cara Kerja Pada ALU ( Arimatic Logical Unit )

ALU akan bekerja setelah mendapat perintah dari Control Unit yang terletak pada processor. Control Unit akan memberi perintah sesuai dengan komando yang tertulis(terdapat) pada register. Jika isi register memberi perintah untuk melakukan proses penjumlahan, maka PC akan menyuruh ALU untuk melakukan proses penjumlahan. Selain perintah, register pun berisikan operand-operand. Setelah proses ALU selesai, hasil yang terbentuk adalah sebuah register yang berisi hasil atau suatu perintah lainnya. Selain register, ALU pun mengeluarkan suatu flag yang berfungsi untuk memberi tahu kepada kita tentang kondisi suatu processor seperti apakah processor mengalami overflow atau tidak.
ALU (Arithmethic and Logic Unit) adalah bagian dari CPU yang bertanggung jawab dalam proses komputasi dan proses logika. Semua komponen pada CPU bekerja untuk memberikan asupan kepada ALU sehingga bisa dikatakan bahwa ALU adalah inti dari sebuah CPU. Perhitungan pada ALU adalah bentuk bilangan integer yang direpresentasikan dengan bilangan biner. Namun, untuk saat ini, ALU dapat mengerjakan bilangan floating point atau bilangan berkoma, tentu saja dipresentasikan dengan bentuk bilangan biner. ALU mendapatkan data (operand, operator, dan instruksi) yang akan disimpan dalam register. Kemudian data tersebut diolah dengan aturan dan sistem tertentu berdasarkan perintah control unit. Setelah proses ALU dikerjakan, output akan disimpan dalam register yang dapat berupa sebuah data atau sebuah instruksi. Selain itu, bentuk output yang dihasilkan oleh ALU berupa flag signal. Flag signal ini adalah penanda status dari sebuah CPU. Bilangan integer (bulat) tidak dikenal oleh komputer dengan basis 10. Agar komputer mengenal bilangan integer, maka para ahli komputer mengkonversi basis 10 menjadi basis 2. Seperti kita ketahui, bahwa bilangan berbasis 2 hanya terdiri atas 1 dan 0. Angka 1 dan 0 melambangkan bahwa 1 menyatakan adanya arus listrik dan 0 tidak ada arus listrik. Namun, untuk bilangan negatif, computer tidak mengenal simbol (-). Komputer hanya mengenal simbol 1 dan 0. Untuk mengenali bilangan negatif, maka digunakan suatu metode yang disebut dengan Sign Magnitude Representation. Metode ini menggunakan simbol 1 pada bagian paling kiri (most significant) bit. Jika terdapat angka 18 = (00010010)b, maka -18 adalah (10010010)b. Akan tetapi, penggunaan sign-magnitude memiliki 2 kelemahan. Yang pertama adalah terdaptnya -0 pada sign magnitude[0=(00000000)b; -0=(10000000)b]. Seperti kita ketahui, angka 0 tidak memiliki nilai negatif sehingga secara logika, sign-magnitude tidak dapat melakukan perhitungan aritmatika secara matematis. Yang kedua adalah, tidak adanya alat atau software satupun yang dapat mendeteksi suatu bit bernilai satu atau nol karena sangat sulit untuk membuat alat seperti itu. Oleh karena itu, penggunaan sign magnitude pada bilangan negatif tidak digunakan, akan tetapi diganti dengan metode 2′s complement. Metode 2′s complement adalah metode yang digunakan untuk merepresentasikan bilangan negatif pada komputer. Cara yang digunakan adalah dengan nilai terbesar dari biner dikurangin dengan nilai yang ingin dicari negatifnya. Contohnya ketika ingin mencari nilai -18, maka lakukan cara berikut:
1. ubah angka 18 menjadi biner (00010010)b
2. karena biner tersebut terdiri dari 8 bit, maka nilai maksimumnya adalah 11111111
3. kurangkan nilai maksimum dengan biner 18 -> 11111111 – 00010010 = 11101101
4. kemudian, dengan sentuhan terakhir, kita tambahkan satu -> 11101101 + 00000001 = 11101110
Dengan metode 2′s complement, kedua masalah pada sign magnitude dapat diselesaikan dan komputer dapat menjalankan. Namun, pada 2′s complement, nilai -128 pada biner 8 bit tidak ditemukan karena akan terjadi irelevansi.

Adder ALU ( Arimatic Logical Unit )

Adder merupakan rangkain ALU (Arithmetic and Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan. Karena adder digunakan untuk memproses operasi aritmatika, maka adder juga sering disebut rangkaian kombinasional aritmatika. Ada 3 jenis Adder, yaitu:
1. Rangkaian adder yang hanya menjumlahkan dua bit disebut Half Adder.
2. Rangkaian adder yang hanya menjumlahkan tiga bit disebut Full Adder.
3. Rangkaian adder yang menjumlahkan banyak bit disebut Paralel Adder.

1. Half Adder
Rangkain half adder merupakan dasar bilangan biner yang masing-masing hanya terdiri dari satu bit, oleh karena itu dinamakan penjumlah tak lengkap.
1. Jika A=0 dan B=0 dijumlahkan, hasilnya S (Sum) = 0.
2. Jika A=0 dan B=0 dijumlahkan, hasilnya S (Sum) = 1.
3. Jika A=1 dan B=1 dijumlahkan, hasilnya S (Sum) = 0. Dengan nilai pindahan Cy (Carry Out) = 1.

Dengan demikian, half adder memiliki dua masukan (A dan B), dan dua keluaran (S dan Cy).

Tabel Perhitungan Dari Half Andder
Dari tabel diatas, terlihat bahwa nilai logika dari Sum sama dengan nilai logika dari gerbang XOR, sedangkan nilai logika Cy sama dengan gerbang logika AND. Dari tabel diatas, dapat dibuat rangkaian half adder.

2. Full Adder
Full adder adalah mengolah data penjumlahan 3 bit bilangan atau lebih (bit tidak terbatas), oleh karena itu dinamakan rangkaian penjumlah lengkap. Perhatikan tabel dibawah ini.
Tabel Perhitungan Dari Fuul Adder
3. Paralel Adder
Paralel Adder adalah rangkaian Full Adder yang disusun secara paralel dan berfungsi untuk menjumlahkan bilangan biner berapa pun bitnya, tergantung jumlah Full Adder yang diparalelkan. Gambar dibawah ini menunjukan Paralel Adder yang terdiri dari 4 buah Full Adder yang disusun paralel sehingga membentuk sebuah penjumlahan 4 bit.


Register adalah sebagian kecil memori komputer yang dipakai untuk tempat penampungan  data dengan ketentuan bahwa data yang terdapat dalam register dapat diproses dalam berbagai operasi dengan melihat berapa besar kemampuan menampung register tersebut.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/2377927#readmore


Hal pertama yang perlu dilihat adalah perbedaan antara pengertian RAM dan juga ROM.  RAM mempunyai kepanjangan Random Access Memory. Pengertian yang ada di RAM adalah merupakan memori yang tersedia untuk sistem operasi, program dan digunakan untuk menjalankan proses komputer saat sedang berjalan.
Sementara itu ROM adalah Read Only Memory. Pengertian dari ROM adalah merupakan memori yang ada di komputer  untuk bisa dijalankan saat akan menjalankan proses booting-up komputer dan biasanya proses akan berjalan sesuai dengan instruksi yang ada di komputer.
Pengertian lain dari ROM (Read Only Memory) yaitu adalah merupakan tipe memori yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa untuk dapat diisi dengan data atau file. Untuk bisa melakukan proses dari pengisian data maka harus dilakukan dengan menggunakan proses yang khusus.
Sementara dari sisi RAM (Random Access Memory) adalah merupakan bentuk penyimpanan data yang bisa diakses secara acak setiap saatnya. Dalam urutan serta dari sisi lokasi yang juga berbeda dengan perangkat penyimpanan lainnya seperti dari hard drive.

Perbedaan RAM dan ROM

RAM membutuhkan aliran listrik untuk bisa menjalankan data, sebagai contoh adalah saat komputer dinyalakan atau dihidupkan. Sementara itu ROM akan tetap menyimpan data tanpa adanya aliran listik, sebagai contoh misal saat komputer dimatikan, data dalam ROM tidak hilang.
Perbedaan lainnya adalah RAM adalah merupakan jenis memori dimana data yang ada di RAM tidak secara permanen akan disimpan. Sebagai contoh adalah saat kita mematikan komputer kita maka data yang kita simpan di RAM akan dihapus.
Sementara untuk ROM adalah merupakan jenis memori yang secara permanen akan tetap tersimpan. Sebagai contoh adalah saat kita mematikan komputer kita maka memori tidak akan terhapus.
Perbedaan lainnya yang ada antara ROM dan juga RAM adalah meliputi yaitu adalah sebuah chip dari ROM biasanya digunakan untuk proses start-up komputer, sementara dari sisi chip RAM biasanya digunakan dalam operasi normal saat sedang menjalankan komputer atau laptop setelah masuk dari proses loading sistem operasi.
Saat menjalankan data melalui chip ROM biasanya melalui proses yang lambat, sementara saat menjalankan data melalui chip RAM biasanya melalui proses yang cukup cepat. Sebuah chip RAM biasanya dapat menyimpan dalam satuan gigabyte. Sementara dari chip ROM biasanya hanya menyimpan beberapa megabyte (mb) data sampai 4MB atau lebih dalam perchipnya.
Contoh yang bisa terlihat dari ROM adalah merupakan BIOS Komputer, chip dari PROM biasanya untuk menyimpan pemrograman yang diperlukan untuk bisa memulai dari proses komputer awal saat sedang berjalan. Prosesnya adalah untuk bisa menjalankan dari start up yang ada di perangkat komputer atau laptop. Chip dari ROM juga biasanya digunakan untuk menjalankan program permainan yaitu adalah seperti dari Nintendo, game boy, sega genesis dan juga permainan games lainnya.
Permainan game cartridge biasanya menyimpan permainan dalam bentuk chip ROM yang biasanya ada pada chip ROM dan dibaca oleh konsol permainan saat cartridge dimasukkan ke dalam konsol.
Sementara dari jenis media tipe ROM yang tertua yaitu adalah ditemukan di tahun 1932. Media ROM adalah merupakan jenis penyimpanan yang masih digunakan dan akan terus diperbaiki untuk bisa meningkatkan kinerja dan juga kapasitas penyimpanan. Sementara dari sisi RAM juga digunakan dalam perangkat komputer untuk bisa menjalankan program, menyimpan informasi di komputer atau laptop kita. Sebagai contoh adalah saat kita menjalankan program di komputer atau laptop seperti browsing internet dan aktivitas lainnya.
Sementara untuk dari sisi chip RAM, informasi dan juga data yang tersimpan akan bisa hilang  saat komputer dimatikan. Jenis lain yang juga umum dari chip ROM adalah berupa aplikasi BIOS yang mempunyai peran saat menjalankan pengujian serta powering up hardware.

Jenis RAM  dan ROM

Ada dua jenis RAM, yaitu DRAM (Dynamic Random Access Memory) dan SRAM (Static Random Access Memory). DRAM adalah merupakan memori yang bisa menyimpan setiap bit data yang terpisah secara kapasitor dalam sebuah sirkuit terpadu. Sedangkan SRAM didesain menggunakan item transistor tanpa adanya kapasitor. Perbedaan lainnya juga yaitu adalah SRAM didesain dengan desain cluster enam transistor untuk bisa menyimpan setiap bit informasi.  CHIP SRAM biasanya digunakan dalam cache memori.
Untuk ROM terdapat 3 jenis yaitu, PROM(Programmable Read-Only Memory) yang biasa digunakan untuk produksi memori), EPROM (Erasable programmable read-only memory),  dan EEPROM(Electrically erasbale programmable read only memory).

Fungsi RAM dan ROM

ROM merupakan tempat untuk bisa menyimpan data internal yang digunakan untuk bisa menjalankan sistem operasi dan juga sistem lainnya yang ada di  laptop atau komputer. ROM adalah merupakan bentuk penyimpanan data dalam perangkat komputer dan juga laptop, termasuk juga smartphone serta tablet.
Sementara dari RAM merupakan bentuk penyimpanan data yang bisa diakses secara acak setiap saatnya. Kita bisa untuk mengakses di lokasi yang berbeda dalam perangkat penyimpanan yang juga berbeda. RAM biasanya diukur dengan satuan besaran yang biasanya disebut dengan Gigabyte atau Megabyte dan proses kecepatannya adalah biasa diukur dalam satuan waktu nanodetik. Data dari Chip RAM biasanya bisa membaca data lebih cepat jika dibandingkan dengan ROM. Dari penggunaan, istilah dari RAM biasaya identik dengan memori utama yaitu adalah memori yang tersedia untuk bisa menjalankan program.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar